Selasa, 28 Juli 2009

Linux VS Windows

linux-vs-windows

Windows dan Linux memiliki berbagai macam versi. Semua versi Windows dikeluarkan oleh Microsoft, sedangkan distribusi Linux dipegang oleh beberapa perusahaan, misalnya Linspire, Red Hat, SuSE, Ubuntu, Xandros, Knoppix, Slackware, Lycoris dan lain-lain. Windows memiliki dua versi utama, Versi lama adalah ‘Win9x’ dan terdiri dari Windows 95, 98, 98SE dan Me. Sedangkan versi barunya terdiri dari kelas NT, yaitu Windows NT3, NT4, 2000, XP dan Vista.

Sementara macam-macam versi Linux dibedakan dari distribusinya, misalnya dari perbedaan software yang disediakan, proses install, Graphical User Interface (GUI), harga, dokumentasi dan teknik.Linux sangatlah mudah untuk dimodifikasi, hal ini tidak bisa dilakukan di Windows.

Linux dan Windows sama-sama didukung leh Graphical User Interface (GUI). GUI pada Windows berubah dari Windows 3.1 ke Windows 95 ke Windows 2000 ke Windows XP. Sedangkan Linux didukung oleh dua GUI, yaitu KDE and Gnome.

Untuk desktop atau computer rumah, Linux bisa diperoleh dengan harga murah atau gratis, sementara Windows mahal. Untuk penggunaan server, Linux jauh lebih murah dibanding Windows. Microsoft hanya membolehkan satu kopi Windows untuk digunakan pada satu computer. Sebaliknya, anda bisa menggunakan satu kopi Linux ke beberapa computer tanpa ada tambahan biaya.
Jadi, sekarang terserah anda untuk memilih, Linux atau Windows. Yang pasti, tergantung kebutuhan anda.


sumber technomobile.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar yang dapat membangun blog ini. Atas komentarnya saya ucapkan terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...